6 Tips Memilih Rumah Bagi Pasangan Muda

Tips Memilih Rumah - Bagi beberapa pasangan muda masih tinggal bersama orang tua mungkin merasakan malu, namun bagi sebagian lainnya merasa senang karna selalu bersama-sama dengan keluarga. Baik masih tinggal bareng orang tua atau tidak keduanya tidak masalah.


Terlebih lagi bagi pasangan muda atau generasi milenial ini, mereka bekerja keras setiap harinya dan menabung agar bisa membeli rumah sehingga bisa tinggal dirumah sendiri. Terkadang beberapa orang tua memiliki sudut pandang yang berbeda kepada anak-anak mereka yang ingin tinggal dirumah sendiri ketika sudah menikah.

Mereka berpikir dan memiliki ketakutan ketika anaknya memilih tinggal dirumah sendiri berarti akan jarang main kerumah orang tua bahkan bisa melupakannya. Mungkin namanya juga orang tua mereka selalu khawatir terhadap anak-anaknya meski sudah berkeluarga.

tips memilih rumah

Bagi seorang anak terutama masih tergolong pasangan muda memiliki rumah sendiri merupakan sebuah impiannya. Dengan membeli sebuah rumah membuktikan kepada orang tuanya bahwa mereka telah berhasil dan setidaknya bisa membanggakan kedua orangtuanya.

Selain itu, sekarang ini rumah merupakan sebuah aset yang memiliki nilai cukup tinggi lho. Ketersediaan lahan yang kian lama semakin sedikit membuat nilai sebuah rumah menjadi mahal dan inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bagi generasi milenial atau pasangan muda lebih memilih membeli rumah dibanding yang lainnya.

Berbicara mengenai ketersediaan lahan yang semakin sedikit tentu tidak boleh sembarangan dalam membeli atau memilih sebuah rumah untuk dijadikan tempat tinggal atau sebuah aset saja. Jika kamu ingin membeli rumah perlu melalui proses yang cukup panjang dan memiliki banyak sekali persyaratan yang perlu dipenuhi, jangan sampai salah memilih walau ketersediaan lahan yang terbatas.

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips membeli rumah agar kamu tidak merugi baik tujuan pembeliannya untuk tempat tinggal atau dijadikan investasi. Berikut ini tips memilih rumah bagi pasangan muda, simak baik-baik ya.

1. Buatlah Perencanaan Budget


Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika kamu hendak membeli rumah yaitu perlu membuat sebuah perencanaan budget. Perencanaan keuangan ini sangat penting dilakukan agar ketika kamu membeli rumah kondisi finansialmu tidak terganggu. Meski banyak sekali cara dalam membayar properti ini jangan sampai kamu terbebani oleh kebutuhan pokok setiap bulannya.

2. Cari Lokasi Yang Strategis


Penting juga untuk menentukan lokasi yang tepat saat memilih rumah. Lokasi yang strategis dapat memudahkanmu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Lokasi strategis ini berupa mudahnya akses ke tempat kerja, fasilitas umum, tempat rekreasi, dan lain-lain.

Selain itu, bukan hanya kemudahan akses kemana saja, tetapi juga perlu memperhatikan lokasi yang terhindar dari berbagai bencana seperti banjir, tanah longsor, dan kondisi air. Lokasi juga menentukan nilai dari rumah tersebut semakin bagus, maka akan semakin mahal.

3. Pilih Kriteria/Tipe Rumah


Apabila seseorang atau bahkan kamu hendak membeli rumah, tidak mungkin dong jika tidak memiliki tipe rumah yang diinginkan. Pasti setiap orang yang ingin membeli rumah memiliki kriterianya masing-masing. Contoh tipe rumah terpopuler untuk sekarang ini diantaranya yaitu tipe 36, 45, 60, dan 70.

Atau jika kamu memiliki budget yang lebih kamu bisa memilih tipe rumah diluar itu dengan desain dan konsep yang dimiliki sendiri. Tentunya ini bukan lagi membeli melainkan sudah membangun rumah dari awal.

4. Pelajari Lingkungan Sekitar


Budget sudah aman, lokasi cukup strategis, tipe rumah sesuai dengan keinginan, selanjutnya kamu perlu memperhatikan lingkungan disekitarnya. Lingkungan yang nyaman dan aman tentu akan membuat sempurna ketiga hal diatas. Apalagi untuk area-area di kota besar.

Seringkali rumah yang bagus bukan berarti lingkungan disekitarnya juga bagus. Entah itu diperumahan atau di area dalam perkampungan karna tidak selamanya tinggal diperumahan aman dan tinggal diperkampungan tidak aman begitupun sebaliknya.

5. Pilih Pengembang Yang Terpercaya


Sebelum memilih rumah melalui pengembang pastikan untuk memilih pengembang atau developer yang terpercaya. Jangan mudah tertarik dengan rayuan yang belum pasti kamu ketahui kebenaran informasi si pengembangnya. Karna tidak sedikit orang yang tertipu terhadap beberapa pengembang mengenai sebuah proyek hunian ini.

6. Cek Harga Rumah


Hal paling penting lainnya yaitu cek harga rumah yang ingin dibeli. Cara cek harga rumah paling mudah yaitu kamu bisa melakukan perbandingan dengan harga rumah di sekitar area yang kamu pilih. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan apakah budget yang kamu miliki sesuai dengan harga rumah tersebut atau tidak.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih rumah terutama bagi kamu pasangan mudah atau seorang generasi milenial agar tidak merugikan diri sendiri. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kamu lebih memperhatikan lagi saat ingin membeli rumah.

Baca juga

Post a Comment